Sabtu, 11 Oktober 2008

Ibnu Sina (980-1037 AD)



Salah seorang tokoh farmasi dari bangsa Arab yang terkenal di Eropah bernama Avicenna. Nama aslinya adalah Ibnu Sina (hidup 980 - 1037 AD). Ibnusina lahir di daerah Afaana, sebuah kota kecil dekat Bukhara (Sekarang Usbekistan). Ketika berumur tujuh tahun, Ibnu Sina sudah hafal Al-Quran dan umur 10 tahun dia mulai mempelajari ilmu logika, filosofi Yunani, geomatri dan sains. Selanjutnya ketika berumur 15 tahun, dia memutuskan untuk mempelajari ilmu pengobatan. Dia kemudian pindah ke kota Bokhara.


Ibnu Sina kemudian menjadi seorang penulis yang sangat berpengaruh di zamannya. Dia mulai menulis Al-Qanum (atau Canon of Medicine yang kemudian bukunya ini menjadi sangat terkenal bagi oranbg Barat) yang sangat digemari bila dihubungkan dengan ajaran Hipocrates dan Galen serta ilmu biologi dari aristoteles. Ibnu Sina kemudian pindah ke Jaij, sebuah pusat pendidikan yang terkenal yang mempunyai sebuah perpustakaan yang besar. Kemudian dia berencana lagi untuk berpindah ke Hamadhan. Disana dia melanjutkan kegiatannya menulis, namun dia terlibat dalam bidang politik yang memaksanya pindah lagi ke daerah Isfahan, disana dia bekerja sebagai dokter pribadi kepada seorang Emir. Dia ikut suatu ekspedisi militer, kemudian sakit dan wafat sebelum mencapai Hamadhan.

Ibnu Sina juga dikenal sebagai "Hipocratesnya dunia Arab". Buku Canon of Medicine kemudian di terjemahkan kedalam bahasa Latin pada abad ke-12 oleh Gerarde of Cremona dan menjadi ilmu dasar pengobatan selama berabad-abad. Bukunya yang lain adalah sebuah formularium yang berhubungan dengan materia medica sehari-hari. Buku itu memuat 760 obat-obatan dan antidotnya dan mempelopori pembuatan sediaan pil. Ibnu Sina menulis lebih kurang 200 buku.

Di sadur dari berbagai Sumber
Sejawat,

Apoteker

Tidak ada komentar: