Senin, 27 Oktober 2008

Khasiat Tomat/Tomato

Tomat atau dikenal dengan nama latin Lycopersicon esculentum Miller, termasuk kedalam kelompok tumbuhan Solanaceae, dan berasal dari Amerika Selatan. Buah masak mengandung 94% air, 3,6-4,3% karbohidrat, 1% protein, 0,6% serat, 0,1-2%lemat, kalsium, karoten, hidroksitriptamin, zar besi, likopen, magnesium, narkotin, fospor, potasium, quercetin, triptamin, vit B1, B2, B3, C, dan E. Sedangkan buah mentah dan daun yang hijau mengandung alkaloid tomatin. Bijinya mengandung sekitar 24% minyak. Buah, daun dan akar mengandung tomatidin. Daun juga mengandung alkaloid solanidin dan solanin.

Bioaktivitas dari Tomat
K
andungan likopen dalam tomat bersifat sebagai antioksidan, perlindungan terhadap kanker payudara, sakit jantung, paru-paru dan kanker prostat. Narkotin adalah alkaloid isokuinolin yang bersifat sebagai analgesik, anti kanker dan antitusif (batuk). Solanin dan solanidin adalah senyawa toksik yang bisa menyebabkan gejala keracunan dan bahkan kematian. Solanin adalah suatu glikoalkaloid yang bersifat antifeeding, antifungal dan aktivitas pestisida; digunakan dalam penanganan asma dan epilepsi. Mengkonsumsi terlalu banyak senyawa ini akan menyebabkan masalah gastrointestin dan neurologis. Solanin lebih toksik dibandingkan solanidin. Disamping itu juga terdapat senyawa tomatin yang bersifat antijamur.

Daun Tomat
Bisa digunakan pada kulit untuk menangai luka terbakar matahari. Namun untuk penggunaan internal harus hati-hati karena senyawa solanin dan solanidin yang bersifat toksik.

Buah Tomat
Digunakan sebagai laksatif, digunakan untuk menangani gravel, optalmia, otitis, ptisis dan demam tipoid. Buah yang hijau bisa digunakan untuk mengobati cacingan (ringworm). Buah yang kering dibuat powder, dicampur dengan air bisa untuk mengobati diare.

Daun Tua, Batang dan Akar
Sediaan dekoction-nya bisa untuk menangani sakit gigi.

Perhatian!!!
Daun tomat yang berwarna hijau mengandung senyawa toksik solanin dan seharusnya tidak digunakan secara internal atau dimakan. Solanin tidak bisa dihancurkan dengan proses pemasakan.


Semoga bermanfaat,
Salam Sejawat Apoteker.




Tidak ada komentar: