Senin, 20 Oktober 2008

Kasiat & Faedah Jengkol


Banyak diantara kita yang tidak menyukai jenis makanan / sayuran ini, karena baunya yang "agak" kurang sedap bila sudah diproses dalam badan kita. Namun sedikit diantara kita yang tahu manfaat dan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Jering, jiring (Malaysia), Jengkol, Jering, Jingkol (Indonesia) atau nama ilmiahnya Archidendron jiringa (Jack) Nielson, merupakan tumbuhan asli yang berasal dari Asia Tenggara, namun jarang ditemui di luar Asia Tenggara. Tumbuhan ini bisa ditanam menggunakan biji yang sudah matang.

Buah muda yang bisa dimakan mengandung 73-93 % air, 3.5 - 5.8 % protein, 1.7-19% karbohidrat, 1.2 % serat, 0.1-0.3 % lemak, alkohol, asam amino, kalsium, zat besi, asam jenkolat, fosfor, provitamin A, vitamin B1, vitamin C, minyak atsiri. Buah yang muda biasanya dimakan sebagai ulam atau salad. Buah yang sudah masak mengandung sampai 70 % karbohidrat, alkaloid, lemak, asam jengkolat dan minyak atsiri.

Jengkolic acid (alkaloid) dalam jengkol ini mempunyai efek diuresis. Makan terlalu banyak jengkol menyebabkan asam jengkolat mengkristal di kandung kemih dan ginjal menyebabkan sakit selama urinasi, urin bercampur dengan darah, urin sangat sedikit atau tidak keluar, sakit dibagian bawah punggung. Konsumsi teratur dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan terbentuknya krital asam jengkolat yang bisa menyebabkan masalah medik yang serius. Kristal jengkolat itu lurus dan runcing pada kedua ujungnya, yang menyebabkan sakit dan pendarahan. Genetik dan variasi fisiologis pada seseorang menentukan apakah ia akan menderita atau tidak setelah makan jengkol ini. Suatu studi juga pernah dilakukan bahwa mengkonsumsi buah ini akan meningkatkan resiko kanker esofagus.

Kegunaan lain bagian tumbuhan ini adalah kulit buahnya bisa digunakan sebagai pencelup kain dan juga digunakan untuk shampoo.

Kegunaan bagi kesehatan:
  1. Daun: ditumbuk dan digunakan untuk sakit dada, mengurangi rasa sakit, dan penyembuhan sakit kulit. Abu hasil pembakaran daun yang sudah tua sangat baik untuk penyembuhan rasa gatal, sedang abu dari daun yang muda sangat manjur untuk mengobati luka.
  2. Kulit: Juga bagus untuk menghilangkan rasa sakit dada, sakit kulit dan juga untuk sakit gusi serta sakit gigi.
  3. Buah: dimakan pada saat makan untuk menangani diabetes dan hipertensi.
Semoga bermanfaat,
Terutama bagi pecinta Jengkol
Salam Sejawat Apoteker.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

apa anda tahu zat apa saja yang ada di kulit jengkol... kok bisa buat obat. terimakasih.